Just another free Blogger theme

Rabu, 15 Mei 2024

RESUME KE - 8

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA GEL. 31

MENULIS ARTIKEL DI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR


Pertemuan KBMN malam ini adalah yang kedelapan. Agak berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan kali ini tidak melalui Chat WA melainkan melalui Webinar dengan Zoom Meeting.

Materi pada peertemun kedelapan ini tentang Menulis Artikel di PMM dan akan disampaikan oleh Ibu Helwiyah, S.Pd., M.M, dengan moderatornya Ibu Lely  Suryani, S.Pd., SD.

Di awal webinar Om Jay memberikan kata sambutannya, hanya sayang saya tidak sempat mendengarkan karena telat masuk room nya.

Sebagai pembuka materi Bu Helwiiyah menyampaikan dasar menulis yaitu  dari QS Al Alaq ayat 1 - 5. Pada intinya jika kita ingin bisa menulis, maka kita harus banyak membaca, karena hasil dari membaca adalah menulis. Kata-kata bijak dari Ki Hajar Dewantara: "Semua ruang adalah Kelas, Semua tempat adalah sekolah dan, Semua orang adalah Guru", Lalu semua aplikasi adalah?.......

Tulisan merupakan indikator kemampuan literasi dan menulis merupakan literasi yang berjejak. Untuk itu menulislah di berbagai media, seperti di blog pribadi, kompasiana, facebook, dan lain-lain atau di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

PMM atau Platform Merdeka Mengajar merupakan Platform Pendidikan yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada tahun 2022. PMM merupakan platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar dan Berkarya. 

Beberapa manfaat PMM, diantaranya adalah:

1. Mendapat ilmu pengetahuan dari berbagai modul pada tiap topik

2. Berbagi praktik baik pembelajaran

3. Mengetahui perkembangan terkait kurikulum merdeka

4. Dapat berkomunikasi dengan guru-guru di seluruh Indonesia melalui umpan balik

5. Fasilitas implementasi kurikulum merdeka, dan

6. Sarana Penilaian Rapot Pendidikan

Adapun artikel dapat dipahami sebagai suatu rangkaian atau karangan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan di media, baik itu cetak, online bahkan media sosial. Penulisan artikel mengandung tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Gagasan dalam artikel pada akhirnya dapat mendidik, meyakinkan, dan juga menjadi saran hiburan bagi pembaca.

Kategori artikel merupakan salah satu kategori karya pada bukti karya yang bertujuan sebagai wadah untuk karya tulis yang tak hanya berkaitan dengan mata pelajaran saja. Saat mengunggah Bukti Karya pada kategori Artikel, kita dapat memilih jenis artikel yang akan diunggah

Di PMM, Bukti Karya merupakan tempat mendokumentasikan karya guru dan kepala sekolah. Karya yang dibuat menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Karya yang telah disimpan ke Bukti Karya dapat diakses oleh rekan sejawat melalui tautan yang dibagikan.

Melalui Bukti Karya, kita dapat 

1. Menyimpan dan mengelola rekam jejak 

2. Berbagi karya dengan rekan sejawat 

3. Memberi dan menerima umpan balik 

4. Menemukan berbagai karya rekan pendidik dari seluruh Indonesia

Adapun, pilihan jenis artikel dapat berupa: Bacaan, Catatan Guru Penggerak, Refleksi dan Tips

Beberapa Tips Menulis Artikel di PMM antara lain:

1. 1. Memilih Topik yang menarik dan relevan

2. 2. Menyuusun struktur artikel yang jelas dan logis

3. 3. Menggunakan bahasa yang efektifi dan mudah dipahami

4. 4. Menambahkan gambar dan video untuk memperkaya konten

5. 5. Mempromosikan artikel anda di media sosial

Webinar  diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar PMM. Diharapkan ada pertemuan (Webinar) selanjutnya sehubungan dengan Aksi Nyata di PMM agar lolos Validasi.

Terima Kasih Bu Nara Sumber, Bu Moderator, Bu NDY, Pa Sigit, Om Jay karena telah menginspirasi saya untuk tetap bertahan dalam mengikuti kegiatan KBMN ini.

Categories: , ,


Silakan tulis komentarnya dan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Contact me 123@abc.com

2 komentar: