Just another free Blogger theme

Kamis, 25 April 2024

RESUME 1 KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA GELOMBANG 31 TEMA : MENULIS SETIAP HARI
Senin, 22 April 2024 adalah hari pertama saya mengikuti kelas belajar menulis nusantara gelombang 31. Kegiatan ini dilaksanakan melalui chat WA dan dimulai dari pukul 19.00 hingga 21.00 dengan nara sumber Bp. Dr. WIjaya Kusumah, S.Pd.,M.Pd atau yang biasa disapa Om Jay. Tema untuk hari pertama ini adalah Menulis Setiap Hari dan akan dipandu oleh Bp. Muliadi Kepala SMK Toli-toli selaku moderatornya. 

 Di awal kelas, Pa Muliadi sebagai moderator menyampaikan beberapa hal terkait teknis pelaksanaan kegiatan pada malam ini, agar berjalan lancar dan tertib, diantaranya tentang perlunya setiap peserta untuk mencermati semua tulisan (Chat) yang diberikan oleh nara sumber dan selama nara sumber memberikan materi Chat akan ditutup oleh admin. Adapun susunan acara pada pertemuan pertama KBMN gel. 31 ini adalah sebagai berikut: 1. Pembukaan 2. Paparan Materi oleh Nara SUmber 3. Tanya Jawab 4. Penutup 

 Om Jay mengawali materi penulisan ini dengan memberikan tips untuk penulis pemula, yaitu mulailah menulis dengan tiga alinea berikut, alinea pertama adalah alinea pembukaan, alinea kedua adalah isi tulisan dan alinea ketiga adalah alinea penutup. Tak lupa beliau memberikan contoh sederhana untuk ketiga alinea tersebut. Tulisannya mengalir begitu saja, pantaslah katanya bahwa menulis itu semudah membuat telor ceplok. 

Menurut Om Jay agar kita bisa menulis, setidaknya kita harus mau berlatih. banyaklah berlatih menulis dan untuk bisa seperti itu kita juga perlu membaca. Om Jay seringkali berkunjung ke blog-blog untuk membaca dan memberikan komentar terhadap tulisan orang lain. Karena dengan cara ini maka kemampuan menulis akan terasah, apalagi kalau dilakukan setiap hari, maka lama-lama akan terbiasa. 

Selanjutnya Om Jay memberikan tips yang kedua tentang cara mengembangkan isi tulisan, yaitu dengan rumus menulis reportase, yaitu dengan 5W dan 1H. APa itu 5W dan 1H. 5W adalah: What, Who, When, Where dan Why dan 1H adalah How. Atau: What = apa, Who = siapa, When = kapan, Where = dimana dan Why = mengapa serta How = bagaimana. Dengan rumus tulisan ini maka kita tidak akan pernah kehilangan ide menulis setiap hari. 

Jadi menurut Om Jay sendiri, kerangka tulisan Om Jay tergolong sederhana yaitu: 
Judul 
Pembukaan 
Isi Tulisan, meliputi 
 Apa 
 Siapa 
 Kapan 
 Dimana 
 Mengapa dan 
 Bagaimana 
Penutup 

 Diakhir paparan materinya Om Jay memberikan Chalenge pada peserta untuk membuat sebuah tulisan dari sebuah gambar, yaitu gambar tiga ekor kucing yang sedang makan. Karena menurut om Jay seringkali apa yang ada di lingkungan sekitar kita baik berupa benda, foto, peristiwa dan lain-lain dapat menjadi sumber ide bagi sebuah tulisan. 

 Pada sesi tanya jawab Om Jay tetap memberikan tips dan menyemaganti peserta, berikut adalah beberap hal penting yang perlu kita catat dan harus selalu kita ingat jika kita ingin menjadi penulis hebat seperti halnya Om Jay: 

Kegiatan menulis setiap hari adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua orang asalkan kita rajin membaca setiap hari. Orang bisa menulis karena dia rajin membaca tulisan orang lain. Jangan berharap menjadi seorang penulis kalau kita belum bisa menjadi pembaca yang baik. Menulis dan membaca adalah dua buah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan seperti pasangan kekasih Romeo dan Juliet. 

Ingatlah selalu mantra ajaib Omjay. "Menulis lah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi."


Silakan tulis komentarnya dan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Contact me 123@abc.com

4 komentar:

  1. Keren resumenya, semangat menulis dan berkarya.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan bisa terus lanjut ikutan KBMN..

    BalasHapus