Just another free Blogger theme

Kamis, 25 April 2024

RESUME KE - 2

KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA GEL. 31

TEMA: MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION


Rabu, 24 April 2024, 19.00 merupakan pertemuan ke-2 pada kelas belajar menulis nusantara gelombang 31. Pertemuan kali ini mengambil tema: Menjadikan Menulis sebagai Passion, dengan nara sumber yang tak kalah hebatnya dengan Om Jay yaitu Ibu Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd  atau di kalangan para pegiat literasi di KBMN lebih akrab disapa sebagai Bu Kanjeng. Sementara moderator kali ini adalah Ibu Helwiyah, S.Pd., M.Pd.

Di kalangan pegiat literasi Bunda Kanjeng dikenal juga sebagai Ratu Antologi. hal ini tentu ada hubungannya dengan sejumlah buku Antologi yang telah Beliau Buat dan terbitkan. Bunda Kanjeng punya brand Writing is My Passion.

Menurut saya ini Brand sangat baik, demikian juga dengan tema KBMN Malam ini. Mudah mudahan dengan mengikuti KBMN ini, passion saya dalam menulis juga bisa tumbuh. Aamiin. Passion adalah perasaan antusias atau gairah yang besar untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting. Ketika kita sudah menemukan passion kita, maka melakukan sesuatu akan menjadi lebih bersemangat, termotivasi dan memiliki tujuan yang jelas. Passion ini memiliki peran yang besar dalam hidup kita.

Pada awal pemaparan materinya, beliau langsung menyajikan tiga buah tulsan dengan genre yang berbeda (betul ga yah genre...😟). TUlisan pertama, tentang Kue Lebaran, sepertinya merupakan puisi, dan menurut Bunda Kanjeng ini adalah Puisi model Baru yang penggagasnya adalah Dr. Endang Supardidi dari Garut. Puisi ini ditulis tidak lebih dari 20 kata. Menurutnya puisi ini berguna untuk melatih kepekaan penulis saat mengamati suatu benda, atau sedang mengalami satu peristiwa. Dengan pemilihan diksi yang tepat pembaca bisa memahami dan menikmati setiap untaian aksara yang tersaji.

Tulisan kedua lebih merupakan opini (mungkin...ini menurut saya). Judul tulisannya adalah "Dapat  Apa  Yaa... dari Menulis?". Menurut Bu Kanjeng beberapa hal yang didapatkannya dari menulis adalah: 

1. Mendapatkan kepuasan batin. 

2. Kepuasan materi. 

3. Merasa ada silahturahmi yang terjalin, baik secara nyata atau hanya di dunia maya. 

4. Merasa menjadi orang kaya sedunia. Terutama kaya hati dan kaya sahabat. 

5. Merasa bahagia. 

6. Merasa jadi lebih bijak alias tidak mudah emosi jiwa. 

Tulisan ketiga berjudul Miscall Misterius, lebih ke cerita horror.

Saya terkesan dengan ketiga tulisan di atas, ternyata beliau memang hebat karena mampu membuat tiga jenis tulisan yang berbeda genre nya (sekali lagi saya khawatir salah...betul ga pengelompokan ketiga tulisan tersebut disebut genre).

Selain dalam bentuk ketiga tulisan di atas, Bu Kanjeng juga memberikan materinya berupa ppt. Beberapa hal penting dari materi ppt yang dapat saya simpulkan adalah bahwa saat ini menulis merupakan passion yang menjanjikan karena secara sosial pekerjaan menulis merupakan sesuatu yang sangat dihormati dan dihargai, selain itu kemampuan menulis merupakan indikator intelektualitas dan kematangan berpikir.

Terdapat beberapa kendala dan hambatan ketika kita akan mulai menulis diantaranya:

1. Tidak memiliki ide

2. Tidak suka menulis

3. Tidak berani menerima kritik

4. Tidak memiliki waktu

5. Tidak berbakat menulis

Jika dicermati, kendala dan hambatan tersebut lebih merupakan faktor internal dari diri kita sendiri, untuk mengatasi hal ini sebaiknya kita lebih memotivasi diri kita dan tidak perlu terlalu khawatir dengan hal hal tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa kita menulis, diantaranya berorrientasi pada material, Eksistensial, Personal, Sosial dan Spritual. Jadikanlah Hadist Nabi SAW ini sebagai motivasi kita dalam menulis "Khoirunnas anfa' uhum linnaas", bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lain.

Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjadi penulis yang baik adalah:

1. Read (Membaca). Berapa banyak buku dan bahan bacaan lain yang pernh kita baca?

2. Discuss (Berdiskusi). Berapa sering kita mendiskusikan dan merenungkan apa yang sudah kita baca?

3. Look and Feel (Lihat dan Rasakan), Berapa sering kita mengamati dan merasakan apa yang terjadi di lingkungan hidup sekitar kita?


4. Socialize (Sosialisasi), seberapa luas pergauln dan area sosialisasi kita dengan orang lain?

Lalu, bagaimana cara kita menulis? Jawabannya adalah Just Do It!! lakukanlah...mulailah menulis dari apa yang kita sukai.

Penulis pemula sebaiknya lebih fokus pada ketekunan dalam proses menulis. Menulis itu harus sabar, tulislah semampu kita terlebih dahulu, jangan berpikir harus sempurna dan jangan terlalu idealis.

Menulis dapat dipandang sebagai amal shaleh yang tidak terputus sepanjang masih dibaca dan memberikan manfaat bagi orang lain maka itu merupakan investasi besar untuk kehidupan akhirat kita.

Selanjutnya, Kelas kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, ini Bu Kanjeng menjawab semua pertanyaan dari peserta dengan sabar dan memotivasi setiap peserta untuk terus mengikuti pelatihan ini hingga akhir. Beberapa hal penting sehubungan dengan hasil diskusi tanya jawab ini dapat saya rangkum sebagai berikut:

1. Bahwa untuk menjadi penulis yang baik, maka kita harus menjadikan menulis itu sebagai suatu kebutuhan, dan ini diawali dari habit/ kebiasaan kita dengan dunia membaca dan menulis.

2. Agar kebiasaan menulis kita tidak redup, maka rajin-rajinlah membaca tulisan orang lain, jadilah pendengar yang baik dan pekalah terhadap lingkungan. Jadikanlah menulis sebagai investasi akhirat yang akan membahagiakan kita.

3. Untuk menjaga konsistensi dalam menulis maka kita harus mengingat niat dan komitemen awal kita dalam menulis, sebaiknya jaga juga komunitas agar bisa saling menyemangati dalam menulis. Banyak-banyaklah membaca tulisan orang lain dan tulislah apa yang kita sukai. Jadilah diri sendiri melalui apa yang kita tuls.  Bangun rasa percaya diri melalui tulisan, yakinlah bahwa kita punya potensi dan mampu, semua bisa dipelajari masalahnya adalah kita mau atu tidak mempelajarinya.

Teruslah berlatih untuk menulis apapun yang kita kuasai,kita minati,kita lihat,kita alami..mengalir saja sesuai rasa,cipta dan karsa


April 2024




Silakan tulis komentarnya dan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Contact me 123@abc.com

4 komentar:

  1. Uraiannya lengkap dan panjang. Kerenlah👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Ibu atas kunjungannya di blog saya. Saya masih belajar Bu, mudah mudahan menulis ini bisa jadi kebiasaan.

      Hapus
  2. Keren banget ulasannya. Semangat menulis dan berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pa Sigid atas kunjungannya, saya masih belajar dan ingin terus belajar semoga seperti para mentor menulis ini bisa jadi kebiasaan...

      Hapus